Tentang Kami

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta telah berdiri sejak tahun 1997 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 180/DIKTI/Kop/1997 tanggal 25 Juni 1997. Prodi Akuntansi telah banyak mengalami perkembangan sejak akreditasi terakhir yang diperoleh pada tahun 2012 dengan peringkat B. Tentu saja program studi tidak lantas berhenti dan berbangga hati dengan pencapaian nilai “B” karena masih banyak hal yang harus dilakukan agar tercapai visi, misi dan tujuan dari Program Studi Akuntansi.

Salah satu bentuk pengakuan kualitas program studi adalah peringkat akreditasi yang dimiliki. Status akreditasi mencerminkan kualitas mutu tata kelola, sumberdaya, proses pembelajaran dan kegiatan akademik. Pada tahun 2007 prodi akuntansi memperoleh peringkat akreditasi C (SK no. 016/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007), setelah 5 tahun melakukan perbaikan secara berkesinambungan maka pada tahun 2012 prodi akuntansi memperoleh peringkat akreditasi B dari BAN PT (SK no. 037/BAN-PTAk-XV/S1/X/2012) pada tanggal 23 Oktober 2012. Peningkatan peringkat akreditasi menunjukkan peningkatan kualitas prodi akuntansi.

Tantangan besar bagi prodi akuntansi di masa yang akan datang pertama adalah implementasi Standar Pelaporan Keuangan Internasional (International Financial Reporting Standards/IFRS). Kedua berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menyebabkan perubahan kurikulum dalam Akuntansi Keuangan. Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) serta Perpres nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) maka pada tahun 2015 Program studi Akuntansi melakukan perubahan kurikulum yang mengacu pada kedua peraturan tersebut.

Beberapa strategi telah ditempuh program studi untuk menghadapi persaingan global baik dengan program studi dari dalam maupun dari luar negeri dengan cara meningkatkan kualitas lulusan yaitu dengan bekerjasama dengan beberapa pihak, antara lain: (1) Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mendirikan Galeri Investasi Pasar Modal, (2) PT. Net21Plus sebagai penyelenggara aplikasi Mind Your Own Business (MYOB) (3) Kantor Akuntan Publik Budiman Wawan Pamuji (BWP) sebagai tempat magang mahasiswa.

KONTAK PRODI AKUNTANSI

UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
PRODI AKUNTANSI
GEDUNG C LANTAI 3
Jl. PGRI I No.117 Sonosewu
Yogyakarta, 55182 Indonesia
Email: akuntansi@upy.ac.id